Minggu, 23 Desember 2018

PMKRI JAKARTA UTARA GELAR MPAB

DPC PMKRI JAKARTA UTARA bersama anggota muda, usai sidang penutup MPAB, Minggu,16/12/2018 (Foto: Claudio Billy/Komodo pos.com)

MABESM2.com Jakarta –  Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Jakarta Utara St. Albertus Magnus, melaksanakan kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB),pada Jumat (14/12/2018) di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk merekrut anggota baru bergabung dan berproses bersama PMKRI.

Rangkaian kegiatan MPAB yang diawali dengan sidang pembukaan, Jumat, (14/12/ 2018) yang dibuka sendiri oleh Ketua Presidium PMKRI Cabang Jakarta Utara St.Albertus Magnus Periode 2017-2018, Willibrodus Claudius Bhira. Kegiatan MPAB ini dihadiri oleh 14 peserta yang terdiri dari berbagai kampus yang tersebar di wilayah Jakarta Utara. Juga ditutup secara resmi pada sidang penutup, Minggu, (16/12/2018) yang dihadiri oleh anggota penyatu.

Willibrodus klaudius Bhira yang akrab disapa Billy mengatakan, PMKRI adalah sebagai organisasi pengkaderan. Untuk itu, lanjut dia PMKRI Cab. Jakarta Utara melakukan proses kaderisasi dan regenerasi. “Secara jelas orientasi PMKRI diarahkan pada pembentukan kader yang berkualitas, baik dalam segi intelektual, ketrampilan dalam berbagai bidang, serta bermasyarakat", kata pria yang murah senyum itu.

Selain itu, Billy juga menjelaskan, keberhasilan kaderisasi di PMKRI diharapkan menjadi pemacu semangat kaum muda untuk menciptakan habitus baru di tubuh PMKRI menuju perubahan ke arah yang lebih baik. “PMKRI hadir sebagai sarana perjuangan untuk menjadi garda terdepan gereja dan tanah air, sebab PMKRI bukan sekedar paguyuban atau organisasi yang bersifat intern gerejani, tetapi lebih dari itu PMKRI merupakan organisasi mahasiswa yg mempunyai visi misi yang jelas yang diakui secara fisik maupun moril oleh pemerintah Indonesia”, katanya.

MPAB merupakan salah satu langkah awal dari 5 jenjang pembinaan kaderisasi formal di PMKRI, selain itu, sosok bapa yang baik dan memiliki jiwa merangkul ini menekankan, meskipun hanya dihadiri 14 peserta, Kegiatan MPAB ini diharapkan  menghasilkan kader yang berkualiatas yang mampu memainkan peran penting dalam perubahan sosial.

Ketua Panitia MPAB Vinsensia Eunice yang akrab disapa Yunes ini mengatakan, Kegiatan MPAB yang berlangsung tiga hari ini, mengusung tema “Pengetahuan dan pengalaman baru untuk satu langkah lebih baju” serta berisikan materi tentang pengenalan PMKRI baik itu PMKRI secara nasional maupun cabang Jakarta Utara sendiri. “Kami mengangkat tema pengetahuan dan pengelaman baru untuk satu langkah lebih maju, artinya didalam ber-PMKRI kita sama-sama belajar, karena setiap kader memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda. Oleh karena itu PMKRI hadir sebagai wadah atau sarana dalam mengembangkan kapasitas diri”, katnya.

Lebih lanjut Yunes mengatakan, MPAB merupakan proses awal untuk masuk PMKRI. Kedepannya para peserta diharapkan bisa mengikuti proses pembinaan selanjutnya karena PMKRI adalah wadah yang tepat untuk belajar sebagai pelengkap ilmu yang kita dapatkan di bangku kuliah. “Makna dari tema ini mau memberikan pemahaman kepada kita bahwa, sebagai generasi muda sudah seharusnya mempunyai semangat lebih untuk terus belajar agar mampu mengambil tindakan cepat, konkrit, dan bermanfaat serta berdampak luas bagi kehidupan berbangsa, bernegara dan Gereja,” ungkap Srikandi PMKRI Cab. Jakut yang juga sebagai Alumni Akper RS Husada Jakarta itu.

Selain itu, satu diantara peserta MPAB, Yohanes Marianus, mengaku tahu tentang adanya perekrutan PMKRI dari teman. Ia kemudian mencoba ikut dan mendapat banyak hal baru. “Awalnya tahu PMKRI dari teman, coba-coba untuk ikut, ternyata setelah ikut selama tiga hari ini banyak hal-hal baru yang saya dapatkan,” kata Marianus peserta asal Kampus Insan Pembangunan Bitung-Tangerang.

Perserta lainnya, Stefania Geo Mude juga merasa senang dapat bergabung dengan PMKRI. Menurut Stefania selain wawasan, ia juga mendapatkan teman-teman baru. “Kegaiatannya seru, banyak dapat teman baru membuat semakin penasaran untuk terus ikut belajar dengan PMKRI, PMKRI bagi saya adalah sebagai sarana untuk menempa dan membina diri, untuk mengembangkan kapasitas diri, pada kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada PMKRI Jakarta Utara yang telah menerima saya sebagai peserta MPAB. Kemudian, saya juga berharap semoga PMKRI mencetak kader-kader berkualitas”, tambah Stefani peserta dari kampus Universitas Nasional (Unas) Jakarta.


Peserta Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) bersama Pengurus DPC PMKRI Jakarta Utara. (foto/komodopos.com/gun)
Selanjutnya, para peserta kegiatan MPAB akan terus dibina dan belajar secara berkelanjutan baik secara formal maupun informal. Para peserta dikukuhkan sebagai anggota muda PMKRI dan akan menjadi anggota biasa PMKRI setelah mereka mengikuti Masa Bimbingan. (Guntenda).

Editor: Claudio Billy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar